Kamis, 04 Juli 2013

pembacaan puisi


a.      Mendengarkan pembacaan puisi
Puisi adalah bentuk karya satra yang didukung dengan unsur keindahan. Puisi biasanya terdiri dari beberapa bait. Tiap bait terdiri dari beberapa larik. Langkah – langkah menulis puisi adalah sebagai berikut. Pertama, tentukanlah terlebih dahulu tema atau gagasan. Gagasan ini bisa dari peristiwa, pengalaman, hasil pengamatan, imajinasi, atau ungkapan perasaanmu. Kedua, gunakan pilihan kata yang tepat dan selaras dengan gagasan. Puisi yang kita buat akan mudah di tangkap pesan atau kesan oleh pembaca.
1. Dengarkan pembacaan puisi
 
Menyesal
Jam berdentang tujuh kali
Aku terbangun dan terkejut
Dengan terburu – buru aku mandi
Aku pun tak sempat sarapan pagi
Aku terlambat pergi ke sekolah
Akibat tidur terlalu malam
Jantungku berdebar kencang
Ku masuki kelas dengan bimbang
Ku dapati wajah merah guruku
Aku pun dihukum berdiri di depan kelas
Aku malu dan menyesal
1.      2. Apa puisi tersebut?jelaskan secara lisan!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar