Kamis, 04 Juli 2013

menulis cerita


a.       Menulis cerita
Cara menulis cerita adalah tentukan terlebih dahulu temanya. Kemudian, buat pokok – pokok ceritamu. Terakhir, kembangkan pokok – pokok tersebut menjadi cerita. Kamu dapat menggunakan pilihan kata yang tepat agar ceritamu menarik untuk dibaca.
1.      Baca cerita singkat berikut!
Asal mula Nama Daerah Tanah Kusir
Aku sedang duduk di teras dengan Kakek. Sudah sejak dulu Kakek tinggal di Betawi. Kalau sekarang, namanya jadi Jakarta. Ah .... aku ada ide. Apa cerita Kakek tentang nama daerah – daerah terkenal disini? Aku lalu bertanya pada Kakek, asal nama Tanah Kusir itu dari mana?
Begini cerita Kakek. Dulu belum ada daerah Tanah Kusir, yang ada hanya Kebayoran. Di sana banyak sekali buah – buahan enak. Salah satunya durian.
Suatu hari ada Tuan Tanah datang ke daerah itu bersama kusirnya. Zaman dulu orang bepergian dengan kereta kuda atau delaman. Kemudian tuan tanah pulang bersama kusirnya.
Suatu hari setelah mengantarkan majikannya bekerja, kusir melihat Tuan Rumah yang dikunjungi bersama majikannya terjatuh dijalan. Kusir segera menolong Tuan Rumah itu dengan membopong tubuh Tuan Rumah ke delman. Kemudian, kusir mengantarnya ke rumahnya.
Setelah sembuh, Istri Tuan Rumah mengatakan bahwa yang menolongnya adalah kusir si Tuan Tanah. Kemudian, kusir dipanggil oleh tuan rumah.
Tuan Rumah ingin berterima kasih karena Pak Kusir sedang menolongnya. “Kamu saya kasih hadiah tanah, ya!” kata Tuan Rumah. Maka dibuatlah surat – surat tanah atas nama Pak Kusir. Wilayah itu jadi Tanah Kusir.
Begitulah ceritanya. Tetapi, benar atau tidaknya, kakek tetap tidak tahu. Ini cerita sudah turun temurun.
2.      Menulis cerita rekaan
Kamu tentu pernah mendengar cerita tentang terjadinya suatu tempat atau kejadian menarik di daerah sekitarmu seperti cerita tadi. Selanjutnya, tulis cerita tentang terjadinya suatu tempat seperti desa, gunung, telaga, danau, hutan, sungai, candi dan tempat – tempat lainnya! Tanya kepada kakek atau nenek, orang tuamu, kakak atau siapa saja yang pernah mengenal atau mendengar cerita itu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar