Kamis, 04 Juli 2013

adu pendapat


Melakukan adu pendapat
Beradu pendapat adalah memberikan pendapatnya di dalam forum yang disertai dengan alasan – alasan untuk mendukung pendapat yang disampaikan. Dalam beradu pendapat, peserta biasanya lebih dari tiga orang. Cara melakukan adu pendapat adalah sebagai berikut. Pertama, memberikan kesempatan semua peserta untuk mengungkapkan pendapat dengan alasan – alasannya. Kedua, mendengarkan setiap pendapat yang diajukan peserta. Ketiga, jangan memotong pembicaraan saat peserta mengajukan pertanyaan.
1.      Mendata benda, masalah dan peristiwa
Di sekolah kita ada peraturan atau tata tertib sekolah. Cari informasi lengkap tentang peraturan atau tata tertib sekolahmu! Tulis dalam bukumu tentang tata tertib yang ada di sekolahmu!
2.      Mengidentifikasi benda, masalah dan peristiwa
Setelah kamu menulis tata tertib dibukumu, baca dengan cermat sekali lagi! Selanjutnya, sebutkan hal apa yang tidak boleh dilakukan di sekolah dan apa saja yang boleh dilakukan di sekolah!
3.      Mengadakan adu pendapat tentang benda, masalah dan peristiwa
Setelah kamu tahu apa yang tidak boleh dilakukan di sekolah, lakukan diskusi dengan temanmu! Apa saja yang tidak boleh dilakukan di sekolah? Mengapa hal itu tidak boleh dilakukan? Jika ada yang melanggar tata tertib, apa hukumannya? Siapa yang membuat tata tertib?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar