Kamis, 04 Juli 2013

membaca sekilas


a.       Membaca sekilas
Membaca sekilas adalah sejenis membaca yang membuat mata kita bergerak cepat melihat dan memperhatikan bahan tertulis. Gunanya untuk mendapatkan informasi dari teks tersebut. Cara membaca sekilas dalah sebagai berikut. Pertama, tentukan dengan jelas hal apa yang kita cari dalam teks tersebut. Kedua, ingat kata – kata yang menunjuk hal tersebut.
1.      Baca dengan nyaring teks berikut!
Kereta Api di Indonesia
Kereta api sebagai salah satu angkutan darat mempunyai banyak hal yang khas. Bentuknya panjang sekali sehingga kereta api bisa mengangkut banyak penumpang. Jalannya melintasi rel dan sedapat mungkin lurus. Jika melintas jalan raya, kereta api selalu di dahulukan.
Kereta api merupakan kendaraan rakyat karena harga karcisnya terjangkau. Contohnya pada saat tertentu seperti lebaran, kereta api selalu menjadi pilihan pertama untuk mudik. Penumpangnya berjubel, penuh sesak dan berdempet – dempetan.
Apakah kereta api di indonesia masih agak ketinggalan? Mungkin karena Indonesia sebagai negeri kepulauan sehingga belum semua wilayah di indonesia ada kereta api. Kita juga belum memiliki kereta api dibawah tanah. Kota – kota besar di dunia, banyak yang menggunakan trem listrik (kereta listrik) sebagai pilihan alat angkutan. Berbeda denga di indonesia saat ini, kita belum memiliki trem listrik, kecuali Kereta Rel Listrik (KRL). KRL sendiri masih terbatas jaringannya.
Kereta api di beberapa negara mju sudah berkecepatan tinggi. Jarak sejauh 400m dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam. Bayangkan, jarak Jakarta – Surabaya bisa ditempuh dalam waktu hanya dua setengah jam dengan kereta api. Bandingkan dengan kereta api sekarang yang ada! Kereta tercepat di indonesia masih membutuhkan waktu minimal delapan jam untuk jarak Jakarta – Surabaya. Jadi, kapan perkeretaapian di indonesia bisa semaju seperti di negara lain?
2.      Jawab pertanyaan berikut di buku tulismu!
a.       Apa saja kekhasan kereta api?
.........................................................................................
b.      Mengapa kereta api disebut kendaraan rakyat?
.........................................................................................
c.       Kapan kereta api penuh sesak oleh penumpang?
.........................................................................................
d.      Mengapa kereta api jika melintas di jalan raya selalu didahulukan?
.........................................................................................
e.       Mengapa kereta api di indonesia masih agak ketinggalan dibanding negara lain?
..........................................................................................
3.      Ceritakan pengalamanmu ketika naik kereta api atau tanyakan pada temanmu yang pernah naik kereta api!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar